PantonaNews

Monday, December 3, 2012

Tanaman Jambu Biji Berkhasiat


A.  Morfologi Jambu Biji
Benua Amerika merupakan tempat dimana jambu biji berasal, jambu biji ini banyak tumbuh di daerah tropis diantaranya seperti Mexico, Amerika Serikat dan juga Indonesia. Di Indonesia, jambu biji terkenal dengan banyak sebutan. Ada beberapa orang yang menyebutnya jambu klutuk, jambu prawas dan masih banyak lagi. Berbagai jenis penyakit dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin. Disamping sangat baik untuk kesehatan, jambu biji ini mempunyai harga yang relatif sangat murah bila kita bandingkan dengan jenis buah yang lain.
Jambu biji ini termasuk makanan yang tumbuh di daerah tropis, masuk ke Indonesia dibawa melalui Thailand. Buah ini sangat terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C jambu biji dua kali lipat jeruk manis yang hanya 49 mg per 100 g buah. Vitamin C itu terkonsentrasi pada kulit dan daging bagian luarnya yang lunak dan tebal. Kandungan vitamin C jambu biji memuncak saat menjelang matang. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai morfologi jambu biji, ada baiknya kita lihat urutan takson jambu air atau Psidium Guajava L:
Kingdom     : Plantae
Divisi          : Spermatophyta
Subdivisi    : Angiospermae
Kelas          : Dicotyledonae
Ordo          : Myrtales
Famili         : Myrtaceae
Genus         : Psidium
Species      : Psidium guajava Lynn

Sampai sekarang ini jambu biji yang mempunyai daging merah sangat terkenal karena mempunyai khasiat untuk mengobati dan juga mencegah demam berdarah, untuk menjaga stamina tubuh, menambah energi serta membersihkan usus. Jambu biji merah ini sangat cocok bila digunakan dalam terapi penyembuhan diabetes mellitus, karena jambu biji mempunyai kandungan kalori dan glukosa yang rendah. Disamping itu jambu biji merah juga dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan, mengatasi sariawan, anti kanker, mencegah konstipasi, melancarkan saluran pencernaan dan membantu membersihkan darah.

B.   Kandungan Daun Jambu Biji
Di dalam daun jambu biji mengandung saponin, minyak atsiri, tanin, anti mutagenic, flavonoid, dan alkaloid. Dengan ditumbuk saja, kandungan daun jambu biji sudah dapat menghilangkan bau badan. Daun ini cocok jadi deodoran alami, apalagi jika dibuat ekstraknya. Selain itu, kandungan daun jambu biji yang lain yakni anti oksidan, merupakan bahan yang bersifat protektif terhadap sel tetapi kemampuannya lebih rendah dari vitamin E.
·         Diabetes
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yakult Central institute untuk penelitian mikrobiologi di tokyo, Jepang. Ditemuukan bahwa teh daun jambu biji efektif menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes. Khasiat daun jambu biji untuk diabetes ini diterbitkan pada tahun 2010 dalam "Nutrisi dan metabolisme".Meminum seduhannya dapat menghambat enzim alpha-glukosidase. Pengendalian kadar gula darah penting untuk orang dengan diabetes atau prediabetes sehingga tidak menimbulkan komplikasi.
·         Diare dan disentri
Kita juga sering mendengar bahwa kandungan daun jambu biji dapat mengobati diare, dan disentri.Astrigent dalam daun jambu biji bersifat alkasi dan mampu membunuh kuman penyebab diare dan disentri.Rebusan beberapa lembar daun jambu biji saja sudah mampu menghentikan diare. Berikut ini adalah resep yang bisa dicoba dirumah:
-       ambil daun jambu biji yang masih muda (utamakan yang pucuk), 2-3 lembar saja sudah cukup kemudian cuci bersih
-       Daun yang masih muda ini bisa dimakan langsung dengan sedikt garam untuk menyamarkan rasa aslinya atau bisa juga direbus terlebih dahulu. Jika tersedia dalam bentuk teh maka cukup diseduh saja dengan air panas.
-       Apabila kurang suka dengan rasanya bisa menambahkan madu sebagai pemanis.
·         Mencegah infeksi luka luar
Kandungan anti bakterinya mencegah infeksi dan kandungan steroid mengurangi peradangan sehingga mempercepat penyembuhan luka. Saat beraktifitas diluar ruangan sedangkan tidak menyediakan obat luka maka khasiat daun jambu biji bisa dimanfaatkan dengan cara mengambil tiga pucuk daun jambu biji kemudian dicuci, kunyah sampai lumat lalu tempelkan pada luka. Kandungan astringent-nya dapat menghentikan perdarahan.
·         Keputihan
Dua genggam daun jambu biji muda dan 7 helai daun sirih dicuci, rebus dengan segelas air, saring.Tunggu agak dingin lalu minum.Cukup untuk diminum 2 kali sehari.
·         Perut kembung pada anak
Tiga helai daun jambu biji, 2 cm kulit batang pulasari, 5 butir adas direbus dengan 1,5 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring. Minum 3 kali sehari.Dosis untuk anak di bawah umur 3 tahun sesendok makan, di atas 3 tahun 2 sendok makan.
·         Maag
8 helai daun jambu biji yang masih segar direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya.
·         Masuk Angin
10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya. Kemudian semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya.

C.   Manfaat Buah Jambu Biji
1.     Dengan mengkonsumsi jambu biji antara 0,5 sampai 1 kg dalam sehari dan dilakukan selama 4 minggu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung sebesar 16 persen.
2.     Di dalam jambu merah terdapat kandungan likopen tinggi, oleh sebab itu jus buah jambu merah di Indonesia sering digunakan dalam meningkatkan kadar trombosit pasien demam berdarah meskipun belum ada penelitian yang kuat mengenai manfaat ini.
3.     Singh Medical Hospital & Research Centre Morabad , dari India melakukan studi yang menunjukkan bahwa jambu biji mampu menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi, kadar kolesterol dan trigliserida darah.
4.     Berguna untuk mengendalikan keseimbangan cairan sel tubuh dan jaringan.
5.     Mengatur proses pengiriman zat gizi ke dalam sel-sel tubuh.
6.     Membuat kontraksi otot menjad aktif.
7.     Dalam jambu biji terdapat kandungan kalium yang berguna dalam meningkatkan keteraturan dari denyut jantung.
8.     Kandungan lain di dalam jambu biji yakni antioksidan untuk melawan kanker, dan likopen, merupakan zat non gizi selain serat. Likopen berfungsi sebagai karatenoid atau pigmen penting yang ada di dalam tanaman dan terdapat pada darah sekitar 0,5 mol/liter darah, serta mempunyai aktivitas sebagai antioksidan. Kandungan likopen yang ada dalam jambu biji sangat mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan likopen dari tomat yang mempunyai perbedaan struktur dalam selnya. 
Bila kita mengkonsumsi likopen dalam jumlah yang cukup akan berpengaruh pada pria terhadap penurunan risiko kanker prostat. Konsumsi jambu biji dengan daging merah mampu memberikan efek perlindungan tubuh terhadap beberapa jenis kanker.
9.     Manfaat jambu biji yang lain yakni anti radang, anti diare, dan menghentikan terjadinya pendarahan contohnya pada pasien DBD.
10.   Daun jambu biji atau buah jambu biji yang dimakan mentah dipercaya mampu mengobati batuk, buahnya dapat juga dibuat jus. Cara kerja dari ramuan ini adalah mengurangi terbentuknya lendir dan menjadikan saluran pernapasan bebas dari infeksi. Memang buah jambu biji mempunyai kandungan yang sangat kaya akan vitamin C dan juga zat besi yang sangat efektif dalam menghambat infeksi dari virus flu.
11.   Kandungan yang terdapat dalam daun jambu biji adalah zat antibakteria yang membantu pertumbuhan bakteri ketika terkena disentri. Dan dalam buah ini juga terdapat karetinoid, potassium dan vitamin C yang berguna untuk membunuh bakteri.
12.   kandungan astrinet yang terdapat pada jambu biji mampu meningkatkan tekstur kulit serta membuat kulit yang mulai kendur menjadi kencang kembali.
13.   Tingginya kandungan serat dalam jambu biji sangat baik dalam mencegah terjadinya sembelit maupun konstipasi. Buah jambu biji dengan ukuran sedang mempunyai kandungan 36% kebutuhan serat yang sangat direkomendasikan.Adapun bijinya juga sangat membantu dalam membersihkan sistem pembuangan dalam usus.

D.   Komposisi
Kandungan kimia: Buah, daun dan kulit batang pohon jambu biji mengandung tannin, sedangkan pada bunganya tidak banyak mengandung tannin. Daun jambu biji juga mengandung zat lain kecuali tanin, seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin. Kandungan buah jambu biji 100gr – Kalori 49 kal – Vitamin A25 SI – Vitamin B1 0,02mg – Vitamin C 87mg – Kalsium 14mg – Hidrat Arang 12,2gr – Fosfor 28mg – Besi 1,1mg – Protein 0,9mg – Lemak 0,3gr – Air 86gr.

Sumber:


No comments:

Post a Comment