PantonaNews

Tuesday, December 25, 2012

Radiasi Telepon Genggam


Telepon genggam atau ponsel. Yap, benda yang kerap disapa handphone ini sudah menjadi sahabat manusia dalam kehidupan sehari-hari. Kemanapun kita pergi, telepon genggam tidak pernah ketinggalan untuk selalu menemani dan memenuhi kebutuhan kita berkomunikasi. Disamping benda yang mungil ini terdapat kepopularitasan dalam mempunyai telepon genggam. Bahkan, di zaman yang amat sangat sudah modern dan berteknologi ini banyak anak kecil yang sudah mempunyai telepon genggam. Apakah mereka mengetahui tentang radiasi telepon genggam? Apa orang tua mereka tidak memikirkan dampaknya untuk anak? Banyak yang tak mengerti bahwa penggunaan HP menimbulkan radiasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh dan lingkungan.
Handphone memang memudahkan manusia untuk berkomunikasi, tetapi banyak efek samping dari penggunaan HP yang salah. Mengapa? Semakin HP ditempelkan ke telinga, maka semakin melekat mengenai liang telinga. Efeknya semakin besar yang menyebabkan terjadi peningkatan bunyi atau resonansi. Semakin lama menggunakan HP, maka semakin lama pula bunyi bising yang menyebabkan kelelahan otot. Menggunakan HP hendaknya bergantian pada telinga kanan dan kiri. Karena otot pendengaran juga mempunyai masa istirahat.
Sebaiknya mematikan HP pada malam hari. Jika tidak, gelombang elektromagnetik yang dipancarkan HP akan menimbulkan efek samping yaitu sulit tidur, pusing, telinga mendenging dan daya tahan tubuh menurun. Radiasi telepon gengam berakibat buruk terhadap tubuh manusia. Radiasi HP memancarkan 215 kali perdetik masuk ke sel-sel otak mengenai DNA dalam sel. Tiap HP memancarkan 900 Mhz-1800 Mhz. Untungnya, manusia memiliki sawar darah otak yang melindungi paparan radiasi ini. Sebaiknya gunakan headset untuk mendengarkan suara lewat HP. Untuk anak yang berusia dibawah 8 tahun diusahan tidak menggunakan HP karena sangat rentan terhadap pancaran radiasi.
Bagi para kaum pemuda yang sering sekali menggunakan HP untuk mendengarkan lagu juga teleponan disarankan sekali untuk memakai headset/handsfree agar HP tidak terlalu lama dekat dengan telinga sehingga tidak terlalu lama terpancarkan radiasi elektromagnetik dari HP.
Untuk mencegahnya ada beberapa tips menghindari radiasi HP. Yang pertama adalah jangan menggunakan HP saat sinyal lemah karena menyebabka HP bekerja lebih keras untuk mendapatkan koneksi sehingga kemungkinan radiasi lebih besar. Kedua, jangan menggunakan HP di ruangan tertutup karena radiasi dapat terjadi saat HP mencoba menciptakan koneksi pada sinyal. Ketika, menggunakan HP saat berkendara ternyata menimbulkan bahaya karena jika menelpon saat berkendara, HP akan terus berusaha menciptakan sambungan berulang ke menara berikutnya sehingga melepaskan energi dalam jumlah besar. Keempat, batasi penggunaan HP. Walaupun saat ini HP sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia tetap saja penggunaan HP harus dibatasi dan lebih baik mengirim pesan daripada menelpon. Kelima, jangan menyimpan HP yang menyala dekat dengan tubuh anda. Karena badan kita dapat menyerap radiasi yang membahayakan, jadi jauhkanlah. Terkadang, saking pentingnya HP bagi manusia sampai-sampai tidur saja HP ditaruh dekat kepala, ginajl dan jantung. Hal itu yang sangat membahayakan tubuh manusia terlebih otak. Ketujuh, gunakan airplane mode. Airplane mode ini meniadakan transmisi nirkabel dan menghentikan risiko radiasi. Jadi, jika anda tidak menggunakan ponsel untuk waktu yang cukup lama gunakanlah airplane mode atau matikanlah. Kedelapan, jangan menaruh HP dikantung.  Kesembilan, gunakan headset atau headphone nirkabel dengan emitor Bluetooth berdaya rendah. Kesepuluh, belilah HP dengan radiasi rendah. Masing-masing HP memiliki tingkatan radiasi yang beragam, untuk itu cari tahulah terlebih dahulu.
Bila memungkinkan, gunakanlah HP dalam kondisi sinyal terkuat. Berbagai produk untuk mengurangi radiasi HP sudah banyak ditawarkan di pasaran. Salah satunya adalah casing HP. Gunakanlah casing untuk HP anda.
Walaupun banyak sekali efek samping yang dihasilkan oleh radiasi HP. Kita tidak perlu cemas secara berlebihan. Radiasi yang ditimbulkan oleh HP, daya rusaknya tidak sebesar radiasi yang ditimbulkan oleh radioaktif. Tapi, kita juga perlu pertimbangkan bahwa sekecil apapun efek yang kita terima, kalau terus-menerus akan mengakibatkan hal yang tidak diinginkan bahkan amat dahsyat nantinya. (Lutfia Nur Izzati)


No comments:

Post a Comment