PantonaNews

Tuesday, December 25, 2012

Efek Suka Menangis


Kalian suka menangis ga? Kadang kalo kita lagi sedih bahkan lagi bahagia pun, kita suka menangis bukan? Tetapi terdapat fakta unik bagi kalian yang suka menangis. Buat kalian yang sering menangis apalagi karna hal sepele sangat perlu mengetahuinya.
1.     Sebanyak 85% wanita dan 73% pria mengakui bahwa rasa marah dan kesedihan akan berkurang setelah menangis. Air mata tidak hanya diproduksi oleh perasaan emosional saja. Air mata juga berfungsi untuk membersihkan dan melumasi mata, yang menyebabkan iritasi mata dan menguap dapat menyebabkan produksi air mata meningkat. Meskipun menghasilkan air mata, namun air mata emosional dan air mata karena iritasi sebenarnya memiliki komposisi kimia yang berbeda.
2.     Jika wanita dianggap lebih mudah menangis, mungkin saja benar. Rata-rata, wanita menangis sebanyak 47 kali dalam setahun sedangkan pria menangis hanya 7 kali setahun. Tapi ini bukan hanya karena perempuan dianggap lebih emosional, lebih lemah dibandingkan pria, dari fakta medis diketahui bahwa saluran air mata pada laki-laki memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan pada wanita. Sedangkan pada bayi, durasi normal menangis mereka antara 1 – 3 jam sehari.
3.      Tentunya kita tidak bisa memprediksi kapan kita akan menangis karena kita juga tidak bisa memprediksi emosi kita juga. Tapi menurut penelitian, kebanyakan orang menangis antara pukul 19.00 – 22.00.
4.  Tidak hanya waktu ketika kebanyakan orang menangis, tetapi durasinya juga. Sebagian besar orang menghabiskan rata-rata 6 menit setiap kali mereka menangis.
5.      Nah, jika Anda merasa sulit dan malu untuk mengeluarkan air mata, sepertinya Anda harus berpikir lagi. Menurut para ahli, menangis tidak hanya respon tubuh terhadap kesedihan dan rasa frustasi, tetapi juga sehat.
6.      Menangis adalah cara untuk mengurangi stres emosional. Hal ini tentu saja sangat baik untuk kesehatan, karena stres bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan seseorang. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa air mata mengandung hormon prolaktin yang efektif untuk melawan stres.
7.      Stres dikatakan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan, stres dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan kerusakan otak. Maka menangis bisa membuat sehat, karena dapat menghilangkan stres seseorang.
8. Para  ahli mengatakan bahwa menangis dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung dan membuat respon yang lebih baik terhadap pengobatan.

Menangis memang bisa membuat kita merasa jauh lebih lega, merasa sedikit tenang. Namun kadang, setelah menangis dalam waktu yg cukup lama membuat kita suka merasa sakit kepala.
 
Ternyata ada penyebab yang membuat orang yang menangis semalaman atau dalam waktu yang cukup lama, mengalami sakit kepala. Seperti dikutip dari Livestrong.com, penyebab utama pusing atau sakit kepala setelah menangis adalah dehidrasi. Selain itu, air mata yang keluar lewat mata membuat otot di sekitar kepala dan leher kencang, inilah sebabnya Anda sering merasa pusing dan tidak nyaman setelah menangis lama.
Bahkan, pada penderita sinus, menangis terlalu lama akan mengganggu dan mempengaruhi sinus, yang akan menyebabkan sakit kepala berkepanjangan.

Saat menangis, udara akan cenderung masuk melalui mulut, karena hidung buntu tertutup lendir. Mulut menjadi kering, dan tubuh dehidrasi akibat air yang keluar lewat hidung dan mata. Dehidrasi ini kemudian mempengaruhi kondisi otot, yang menjadi tegang. Tekanan darahpun naik turun tidak stabil pada saat ini.

Menangis cenderung mengarah kepada sesuatu yg cengeng, perempuanlah yg sering menjadi sasaran dimana mereka adalah makhluk yang sangat mudah mengeluarkan airmata karna seseorang yang menangis setelah kehilangan sesuatu ternyata memiliki keyakinan yang lebih tinggi daripada mereka yang menyembunyikan emosi mereka. Namun sebenarnya laki-laki juga tidak apa jika ingin menangis, karna laki-laki juga merasakan tekanan jika mereka mengekspresikan tangisannya. Selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa laki-laki yang tidak pernah menunjukkan perhatian pada teman-temannya kurang puas dengan kehidupan mereka.

Jadi, menangis boleh saja asal itu  bisa membuat anda jauh merasa lebih tenang namun jangan berlebihan. Laki-laki juga tak apa menangis, jangan takut dibilang cengeng.

Sumber:

5 comments:

  1. Hah??? Aku nangis hampir tiap hari dan dalam durasi berjam jam. Nomor 2 dan 4 yg salah atau ada yg salah dgn diriku?

    ReplyDelete
  2. I'm crying because I will losing something important in my hard n so difficult to changes n never ever I get. T.T

    ReplyDelete
  3. Setiap malam sya menangis 😭

    ReplyDelete
  4. Ga tau knpa, aku sudah hampir sebulan penuh ini selalu menangis dsetiap hari selama kurg lebih 4 jam sehari

    ReplyDelete