PantonaNews

Tuesday, December 25, 2012

Bahaya Begadang


Begadang tak lain adalah tidak tidur semalaman suntuk bahkan sampai pagi. Banyak yang tidak tidur untuk mengerjakan sesuatu seperti pekerja atau juga begadang disaat nongkrong bahkan ada yang begadang karena sedang merasa galau dan itu sering terjadi dikalangan muda. Tetapi, bagi para pencinta bola juga pastinya sering begadang untuk menonton club andalannya bermain. Bukan begitu? Tidak hanya para pencinta bola. Para pekerja keras atau pun mahasiswa juga pernah begadang untuk menyelesaikan tugasnya. Ya seperti saya ini. Terkadang, setelah semalam begadang kita merasa kurang nyaman beraktivitas di pagi hari atau merasa kurang bersemangat, merasa cepat lelah saat menjalani kegiatan, maka jangan heran. Hal ini disebabkan mungkin ada yang salah dengan sistem kekebalan tubuh kita akibat dari kurang normalnya pola tidur akibat begadang tanpa tidur/tidur setelah subuh.

Ternyata ada riset yang membuktikan bahwa system imun/kekebalan tubuh akan terganggu bahkan berhenti bekerja saat organ-organ dalam tubuh yang memproduksi imunitas sudah tidak dapat bekerja  dengan normal, dan pada saat itulah tubuh tidak lagi mempunyai pelindung dari seragan micro organism merugikan sehingga kita sangat rentan sekali terhadap serangan penyakit dan gangguan kesehatan. Mengapa bisa? System kekebalan tubuh manusia akan meningkat sangat pesat disaat kita istirahat yaitu tidur. Karena proses pelepasan racun de-toxin yang menempel pada tubuh manusia diwaktu siang hari adalah saat kita tidur di malam hari. Jika sekali begadang saja sudah sangat mengganggu kerja organ penghasil imun untuk kekebelan tubuh, bagaimana jadinya tubuh kita bila begadang dilakukan berkali-kali hingga terbiasa?

Efek begadang justru dirasakan oleh orang yang sudah terbiasa begadang. Akibatnya kebiasaan tidur setelah subuh bahkan sampai tidak tidur. Hal ini mengakibatkan jam biologis otak pun kemungkinan akan berubah. Perubahan ini mengakibatkan jam biologis otak yang lambat laun akan menciptakan siklus baru pada organ dalam tubuh. Amat sangat merugikan bukan? Kondisi tubuh kita yang seharusnya meningkat normal di pagi hari dan menurun di malam hari akan menjadi sebaliknya. Pada Orang yang memiliki kebiasaan begadang, jam biologis otak akan memprogram sistem kekebalan mencapai puncaknya di malam hari dan akan menurun di pagi hari. Padahal micro organisme jahat dan bibit penyakit serta karsinogenik (senyawa penyebab kanker) sangat banyak di udara yang kita hirup di pagi hari. Oleh karena itu, sangat dimungkinkan orang-orang yang banyak beraktivitas di malam hingga pagi hari akan memiliki ketidakseimbangan hormon dan gangguan pada sistem kekebalan tubuhnya. Hingga penyakitpun akan mudah menyerang.

Tidak hanya itu, begadang juga akan menimbulkan bahaya-bahaya lainnya pada diri kita. Yang pertama adalah meningkatkan gejala stroke. Kuantitas tidur yang kurang dari 6 jam menjadi salah satu pemicu gejala stroke. Terutama bagi mereka yang mempunyai kebiasaan tidur kurang dari 6 jam setiap hari nya memiliki risiko lebih besar mengidap stroke dibanding orang lain yang tidurnya lebih dari 6 jam. Yang kedua adalah memicu hipertensi dimana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis. Hipertensi juga menjadi gejala awal stroke, serangan jantung, gagal jantung dan aneurisma arterial yang juga merupakan penyebab utama gagal jantung kronis. Hal ini disebabkan oleh begadang. Seram sekali bukan? Ini baru 2 loh masih banyak bahaya lainnya yang disebabkan oleh begadang. Maka dari itu, bagi para kalian yang sering begadang mulailah mengurangi nya dan tidurlah dengan waktu yang cukup yaitu lebih dari 6 jam. Yang ketiga adalah memicu diabetes. Tidak hanya hipertensi tapi begadang juga ternyata memicu diabetes tipe 2. Hal ini tidak lain disebabkan oleh kekurangan waktu tidur yang akhirnya mengalami pergeseran siklus tidur, pola makan dan kegiatannya lainnya yang akhirnya mengakibatkan proses metabolism melambat. Selain itu, banyak hal yang berperan terkait hubungan antara kurang tidur dan obesitas. Kadar hormone dalam tubuh seseorang cenderung mengalami penurunan akibat kurangnya waktu tidur. Hal itulah yang menjelaskan kenapa terlalu banyak begadang sangat rentan mengalami obesitas.

Itulah beberapa dampak buruk dari begadang. Alangkah baiknya jika kita dapat membagi waktu istirahat kita dengan baik, yaitu untuk menjaga kesehatan tubuh karena sehat itu mahal. Begadanglah jika ada perlunya tapi jika tidak, istirahat lebih baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. (Lutfia Nur Izzati)

No comments:

Post a Comment